Praktek Shalat Dhuha

 

Pengertian Shalat Dhuha

Shalat Dhuha adalah shalat sunat yang dikerjakan pada pagi hari (secara harfiah Dhuha berarti Pagi). Waktu pelaksanaan shalat dhuha adalah setelah matahari terbit agak tinggi setinggi tujuh hasta (lewat dari jam 7 pagi) sampai menjelang masuk waktu shalat Dzuhur.

Perhatian..!!! Jangan melaksanakan Shalat pada waktu setelah shalat Subuh sampai masuk waktu dhuha karena waktu itu adalah waktu yang diharamkan untuk shalat.

Rakaat shalat dhuha adalah Paling sedikit 2 raka'at dan paling banyak 12 rakaat. Lebih baik dikerjakan dengan setiap 2 rakaat 1 salam, namun boleh juga dengan 4 rakaat 1 salam. Shalat Dhuha dilakukan dengan sendiri-sendiri (tidak berjamaah).


Praktek Shalat Dhuha

- Diawali Dengan Niat sebagai berikut:
Ushalli Sunnatal Dhuha-i Rakataini lillahi ta'ala. (Sengaja Aku Mengerjakan Shalat Sunnat Dhuha 2 rakaat karena Allah Ta'ala).
- Takbiratul ihram
Allahu Akbar.
- Membaca do'a Iftitah
- Membaca Surat al-Fatihah (wajib)
- Membaca Surat pendek (sunat, sebaiknya pada rakaat pertama baca surat Asy-Syam dan pada rakaat kedua membaca Surat Adh-Dhuha)
- Kemudian Ruku'.
- I'tidal
- Sujud pertama
- Duduk antara dua sujud
- Sujud kedua.


Sampai disini selesailah rakaat pertama. Kemudian berdiri kembali dan dilanjutkan dengan rakaat kedua caranya sama seperti rakaat pertama tetapi tanpa do'a iftitah.

- Setelah sujud kedua di rakaat kedua kemudian duduk tasyahud dan membaca tahiyat dan shalawat Nabi.

- Salaam
- Berdo'a


Do'a Shalat Dhuha

Allahumma inna dhuaa-a dhuaa uka, wal baha-a baha uka wal jamaala jamaaluka, wal Kuwatta kuwattuka, wal kudratta kudrattuka, wal ismata ismatuka.
Allahumma inkana rizki fi samaa-i fa 'anzilhu, wa inkana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkana mu'asyaran fa yaasirhu, wa inkana kalilan fa katsirhu, wa inkana haraman fa thahirhu wa inkana baidan fa akribhu bi hakki dhuhaa-ika wa baha-ika wa jamaalika wa kuwattika wa kudrattika atini ma a'taita ibadakas-salihin.

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila sedikit banyakkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu kekuasaan-Mu, (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”. 

Semoga Bermanfaat
Salaam Cinta secinta-cintanya

Islam Life Love and Beyond


 

Baca Juga Artikel Berikut:

2 komentar:

BlogS of Hariyanto mengatakan...

sip..bisa menambah pengetahuan tentang shalat dhuha nich :)

Anonim mengatakan...

Thx ya...

Posting Komentar

Coment's box (No spam, No Porn)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by IPUL