Dilarang Mengerjakan Shalat Pada Waktu Berikut



waktu dilarangnya shalat
Shalat 5 waktu adalah kewajiban bagi seluruh ummat Islam yang telah baligh. Disamping shalat wajib lima waktu kita juga diperintahkan mengerjakan beberapa shalat sunat. Namun walaupun shalat diperintahkan untuk dikerjakan tetapi tidak semua waktu kita boleh shalat. Ada waktu-waktu tertentu dimana kita dilarang untuk mengerjakan shalat di dalamnya.


Di antara waktu-waktu yang dilarang mengerjakan shalat adalah:

  • Dilarang shalat dalam waktu ketika setelah shalat subuh hingga matahari agak meninggi setinggi 7 tombak (Antara setelah shalat subuh sampai masuk waktu shalat sunat Dhuha)
  • Dilarang shalat dalam waktu ketika setelah shalat Ashar hingga matahari tenggelam seutuhnya (Antara setelah shalat Ashar sampai masukwaktu shalat Magrib)
Dalilnya:
"Dari Abdullah bin Abbas RdA mengatakan bahwa sesungguhnya Nabi Shalallahu 'alaihi wa salaam melarang mengerjakan shalat setelah shalat subuh hingga matahari meninggi dan bercahaya dan (Nabi Shalallahu 'alaihi wa salaam juga melarang shalat) setelah shalat Ashar hingga matahari tenggelam." (HR: Bukhari dan Muslim)


"Dari Abu said al-Khudri RdA berkata: bahwa Nabi Shalallahu 'alaihi wa salaam bersabda: tidak ada shalat setelah subuh hingga matahari meninggi dan tidak ada shalat setelah shalat Ashar hingga matahari tenggelam." (HR; Bukhari dan Muslim)


  • Dilarang Shalat dalam waktu matahari berada ditengah-tengah langit (Tengah hari pas) hingga matahari tergelincir ke arah tenggelamnya
Dalilnya:


"Dari Uqbah bin Amir al-Juhani berkata bahwa Nabi SAW bersabda Ada tiga waktu yang Rosulullah shallallahu ‘alaihi was sallam melarang kami sholat pada waktu tersebut dan memakamkan orang yang wafat diantara kami yaitu, ketika matahari terbit dengan terangnya hingga posisi matahari agak meninggi, ketika matahari berada di tengah-tengah langit hingga matahari tergelincir  dan ketiga matahari tergelincir ke arah tenggelamnya hingga tenggelam” (HR. Muslim)


Sebab dilarangya Shalat pada waktu-waktu tersebut:


  • Dikarenakan pada waktu  terbit matahari terbit di antara dua tanduk setan dan pada waktu itu orang-orang kafir bersujud.
  • Pada waktu itu tengah hari adalah waktu api Jahannam dinyalakan.
  • Pada waktu matahari tenggelam, matahari terbenam di antara dua tanduk setan dan orang-orang kafir bersujud.
Dalilnya:


"Dari 'Ammar bin Abasah berkata bahwa Nabi SAW telah bersabda; Sholat subuhlah kemudian tahanlah (janganlah sholat lagi) ketika matahari terbit hingga meninggi karena sesungguhnya ketika itu matahari terbit diantara dua tanduk setan dan ketika itu orang-orang kafir bersujud. Setelah itu sholatlah karena (waktu) sholat telah tiba hingga panjang bayangan sesuatu kurang dari 1 tombak kemudian tahanlah (janganlah sholat lagi) karena ketika itu Api Jahannam dinyalakan. Jika letak bayangan telah berbalik (ke arah tenggelamnya) maka sholatlah karena waktu sholat telah tiba hingga ‘ashar. Kemudian tahanlah (janganlah sholat lagi) hingga matahari tenggelam karena pada saar itu matahari tengah tenggelam diantara dua tanduk setan dan orang-orang kafirpun bersujud” (HR: Muslim)


Pengecualian dibolehkannya shalat pada waktu tersebut

  • Ketika Matahari di tengah-tengah langit(Tengah hari) pada hari jumat.
  • Mengganti shalat fardu yang tertinggal (Qodo')
 Para ulama berbeda pendapat mengenai salat apa saja yang dilarang dilakukan dalam waktu-waktu tersebut. Jumhur (mayoritas ulama: Malikiyah, Syafi'iyah, dan Hanbaliyah) mengatakan bahwa yang dilarang adalah salat-salat sunnah muthlaq, yaitu salat sunnah yang tanpa sebab.

Adapun melakukan salat-salat fardhu, ataupun qadha salat fardhu, maka tidaklah dilarang melakukannya di dalam waktu-waktu tersebut. Adapun salat sunnah yang mempunyai sebab seperti sunnah salat thawaf, maka hukumnya makruh.



Semoga Bermanfaat
Salam Cinta secinta-cintanya


Islam Life Love and Beyond




Baca Juga Artikel Berikut:

1 komentar:

Outbound di Malang mengatakan...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

Poskan Komentar

Coment's box (No spam, No Porn)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by IPUL