Tentang Shalat

Penjelasan Shalat
Shalat adalah Rukun Islam yang kedua setelah mengucapkan dua kalimat Syahadat. Shalat termasuk Rukun yang paling utama dalam Islam, dia wajib bagi setiap orang Islam laki-laki dan wanita dalam kondisi apapun, baik dalam keadaan aman atau takut, dalam keadaan bermukim atau dalam perjalanan, dalam keadaan sehat maupun sakit. (dalam keadaan tertentu shalat memiliki cara khusus sesuai dengan kondisi dan keperluannya. Khusus bagi wanita, ada waktu-waktu dimana wanita boleh atau disuruh meninggalkan shalat, seperti pada saat wanita haid, sebagaimana yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadist).

Pengertian shalat/ definisi Shalat: secara harfiah Shalat berarti berdo'a. Pengertian shalat menurut para ulama adalah Suatu ibadah yang terdiri dari perkataan dan perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai syarat dan rukun tertentu.


Allah mewajikan shalat pada malam isra' atas Rasulullah SAW tanpa perantara siapapun, yaitu satu tahun sebelum hijrah, pada mulanya (sebelum Istra' Mi'raj) Allah SWT mewajibkan lima puluh kali shalat dalam sehari semalam atas setiap muslim, dan ini menujukkan pentingnya shalat, dan kecintaan Allah SWT kepadanya, kemudian diringankan sampai menjadikannya lima kali dalam pelaksanaannya namun bernilai lima puluh dalam pahala dengan karunia dan rahmatNya. Shalat yang diwajibkan kepada setiap muslim laki-laki dan wanita dalam sehari semalam adalah lima shalat, yaitu: Dhunur, Asar, Maghrib, Isya' dan Subuh.

Selain shalat fardhu atau shalat yang diwajibkan, Umat Islam juga diperintahkan melaksanakan shalat-shalat sunnah seperti:
  • Shalat Dhuha (Shalat sunnah yang diperintahkan untuk dilaksanakan pada pagi hari. Hikmah Shalat Dhuha diantaranya untuk kelancaran rizki)
  • Shalat Sunnah Rawatib (Shalat sunnah yang diperintahkan dikerjakan pada setiap sebelum dan atau sesudah shalat fardhu)
  • Shalat Tahajjud (Shalat Sunnah yang diperintahkan dikerjakan pada malam hari, lebih utama dikerjakan di sepertiga akhir malam)
  • Shalat Sunnah Taubat (diperintahkan untuk menyatakan taubat kepada Allah SWT)
  • Shalat Istikharah (Shalat Sunnah untuk meminta petunjuk Allah dalam memilih)
  • Shalat Taraweh (Shalat sunnah pada malam hari bulan Ramadhan)
  • Shalat Id (shalat hari raya) dan banyak shalat sunat lainnya. 
 Selengkapnya tata cara shalat baca disini.

Semoga bermanfaat
Salam cinta secinta-cintanya

ipulstory.com


    Baca Juga Artikel Berikut:

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Coment's box (No spam, No Porn)

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Powered by IPUL